Selasa, 01 Januari 2013

sekilas tentang SPSS

SPSS adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk analisis statistik. Antara 2009 dan 2010 vendor utama untuk SPSS disebut PASW (Predictive Analytics Software) Statistik, sementara isu-isu hak cipta nama itu diselesaikan. . [1] Perusahaan mengumumkan 28 Juli 2009 itu diakuisisi oleh IBM untuk US $ 1,2 miliar [2] Pada Januari 2010, itu menjadi “SPSS: Sebuah Perusahaan IBM”.
Statistik Program
SPSS (awalnya, Paket Statistik untuk Ilmu Sosial) diluncurkan pada versi pertama pada tahun 1968 setelah dikembangkan oleh Norman H. Nie dan C. Hadlai Hull. Norman Nie kemudian sebuah pascasarjana ilmu politik di Stanford University, dan sekarang Profesor Riset di Departemen Ilmu Politik di Stanford dan Profesor Emeritus Ilmu Politik di Universitas Chicago [3]. SPSS adalah salah satu program yang paling banyak digunakan untuk analisis statistik dalam ilmu sosial. Hal ini digunakan oleh peneliti pasar, peneliti kesehatan, perusahaan survei, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran dan lain-lain. Manual SPSS asli (Nie, Bent & Hull, 1970) telah digambarkan sebagai salah satu “buku sosiologi yang paling berpengaruh” [4] Selain analisis statistik., Manajemen data (seleksi kasus, file membentuk kembali, membuat data turunan) dan data dokumentasi (kamus metadata disimpan di datafile itu) adalah fitur dari software dasar.

Statistik disertakan dalam perangkat lunak dasar:
Statistik Deskriptif: Tabulasi silang, Frekuensi, Descriptives, Explore, Ratio Statistik Deskriptif
Bivariat statistik: Berarti, t-test, ANOVA, Korelasi (bivariat, parsial, jarak), tes nonparametrik
Prediksi untuk hasil numerik: regresi linier
Prediksi untuk mengidentifikasi kelompok: analisis faktor, analisis cluster (dua-langkah, K-berarti, hirarkis), Diskriminan
Banyak fitur SPSS dapat diakses melalui menu pull-down atau dapat diprogram dengan bahasa perintah sintaks proprietary 4GL.sintaks pemrograman Komando memiliki keunggulan reprodusibilitas; menyederhanakan tugas yang berulang, dan menangani manipulasi data yang kompleks dan analisis. Selain itu, beberapa aplikasi yang kompleks hanya dapat diprogram dalam sintaks dan tidak dapat diakses melalui struktur menu.Antarmuka menu pull-down juga menghasilkan sintaks perintah, ini dapat ditampilkan dalam output meskipun setting default harus diubah untuk membuat sintaks terlihat bagi pengguna, atau dapat disisipkan ke dalam sebuah file dengan menggunakan sintaks “paste” tombol ini dalam menu masing-masing. Program dapat dijalankan secara interaktif, atau tanpa pengawasan menggunakan Fasilitas Kerja Produksi disediakan. Selain itu sebuah “makro” bahasa dapat digunakan untuk menulis bahasa perintah subrutin dan ekstensi programabilitas Python dapat mengakses informasi dalam kamus data dan data dan dinamis membuat program perintah sintaks. The Python programabilitas ekstensi, yang diperkenalkan pada SPSS 14, menggantikan SAX Basic yang kurang fungsional “script” untuk sebagian besar tujuan, meskipun SaxBasic tetap tersedia. Selain itu, ekstensi Python memungkinkan SPSS untuk menjalankan salah satu statistik dalam paket perangkat lunak bebas R. Dari SPSS versi 14 dan seterusnya dapat digerakkan secara eksternal oleh Python atau program VB.NET menggunakan diberikan “plug-in”.

SPSS tempat kendala pada struktur file internal, tipe data, pengolahan data dan pencocokan file, yang bersama-sama jauh mempermudah pemrograman. dataset SPSS memiliki struktur tabel 2 dimensi dimana baris biasanya merupakan kasus (seperti individu atau rumah tangga) dan kolom mewakili pengukuran (seperti usia, jenis kelamin atau pendapatan rumah tangga).Hanya 2 tipe data didefinisikan: numerik dan teks (atau “string”).Semua proses data terjadi secara berurutan kasus per kasus melalui file. File dapat dicocokkan satu-ke-satu dan satu-ke-banyak, tapi tidak banyak-ke-banyak.
User interface grafis memiliki dua pandangan yang dapat diaktifkan dengan mengklik salah satu dari dua tab di kiri bawah dari jendela SPSS. The ‘Data View’ menampilkan tampilan spreadsheet dari kasus-kasus (baris) dan variabel (kolom). Tidak seperti spreadsheet, sel-sel data hanya dapat berisi angka atau teks dan formula tidak dapat disimpan dalam sel-sel ini.menampilkan The ‘Lihat Variabel’ kamus metadata di mana setiap baris mewakili sebuah variabel dan menampilkan nama variabel, label variabel, nilai label (s), lebar cetak, jenis pengukuran dan berbagai karakteristik lainnya. Sel-sel di kedua tampilan dapat diedit secara manual, menentukan struktur file dan memungkinkan entri data tanpa menggunakan sintaks perintah. Hal ini mungkin cukup untuk dataset kecil. Dataset yang lebih besar seperti survei statistik lebih sering dibuat dalam perangkat lunak entri data, atau dimasukkan selama computer-assisted personal wawancara, dengan pemindaian dan menggunakan pengenalan karakter optik dan perangkat lunak menandai pengakuan optik, atau dengan menangkap langsung dari kuesioner online. Dataset ini kemudian dibaca ke dalam SPSS.
SPSS dapat membaca dan menulis data dari file teks ASCII (termasuk file hirarkis), paket statistik lainnya, spreadsheet dan database. SPSS dapat membaca dan menulis ke tabel database eksternal relasional melalui ODBC dan SQL.
output statistik adalah format file proprietary (file *. SPV, mendukung tabel poros) yang, selain penampil dalam paket, seorang pembaca yang berdiri sendiri dapat didownload. Output proprietary dapat diekspor ke teks atau Microsoft Word. Atau, output dapat ditangkap sebagai data (menggunakan perintah OMS), sebagai teks, teks tab-delimited, PDF, XLS, HTML, XML, dataset SPSS atau berbagai macam format gambar grafis (JPEG, PNG, BMP dan EMF).
Logo SPSS digunakan sebelum penggantian nama pada Januari 2010.
Add-on modul memberikan kemampuan tambahan. Modul-modul yang tersedia adalah:

SPSS Programmability Extension (ditambahkan pada versi 14).Memungkinkan Python, R, dan. NET kontrol pemrograman SPSS.
SPSS Validasi Data (ditambahkan pada versi 14). Memungkinkan pemrograman pengecekan logis dan pelaporan nilai-nilai mencurigakan.
SPSS Regresi Model – regresi logistik, regresi ordinal, regresi logistik multinomial, dan model campuran.
SPSS Advanced Models – GLM Multivariate dan mengulangi langkah-langkah ANOVA (dihapus dari sistem dasar dalam versi 14).
SPSS Klasifikasi Pohon. Membuat pohon klasifikasi dan keputusan untuk mengidentifikasi kelompok dan memprediksi perilaku.
Tabel SPSS. Memungkinkan kontrol user-defined output untuk laporan.
SPSS Exact Tests. Memungkinkan pengujian statistik pada sampel kecil.
SPSS Kategori
SPSS Trends
SPSS Conjoint
Hilang SPSS Analisis Nilai. Wikipedia Imputasi regresi berbasis.
SPSS Peta
SPSS Kompleks Sampel (ditambahkan pada Versi 12).Menyesuaikan untuk stratifikasi dan clustering dan bias pemilihan sampel lainnya.
SPSS Server adalah sebuah versi dari SPSS dengan klien / arsitektur server. Hal itu beberapa fitur tidak tersedia pada versi desktop, seperti fungsi penilaian (Scoring fungsi tersebut dimasukkan ke dalam versi desktop dari versi 19).

Versi
Awal SPSS versi dirancang untuk pemrosesan batch di mainframe, termasuk misalnya IBM dan versi ICL, awalnya menggunakan kartu menekan untuk input. Sebuah menjalankan pengolahan membaca file perintah perintah SPSS dan baik file input data format baku tetap dengan tipe record tunggal, atau sebuah ‘getfile’ dari data yang disimpan oleh dijalankan sebelumnya. Untuk menghemat waktu berharga komputer yang dijalankan ‘edit’ yang bisa dilakukan untuk memeriksa sintaks perintah tanpa menganalisis data. Dari versi 10 (SPSS-X) pada tahun 1983, file data dapat mengandung beberapa jenis catatan.

SPSS versi 16.0 berjalan di bawah Windows, Mac OS 10.5 dan sebelumnya, dan Linux. User interface grafis ditulis di Jawa. Mac OS disediakan sebagai Universal biner, membuat sepenuhnya kompatibel dengan baik PowerPC dan Intel Mac berbasis hardware.
Sebelum SPSS 16.0, berbagai versi SPSS yang tersedia untuk Windows, Mac OS X dan Unix. Versi Windows telah diupdate lebih sering, dan memiliki lebih banyak fitur, daripada versi untuk sistem operasi lain.
SPSS versi 13.0 untuk Mac OS X tidak kompatibel dengan komputer Macintosh berbasis Intel, karena perangkat lunak emulasi Rosetta menyebabkan kesalahan dalam perhitungan.SPSS 15.0 for Windows membutuhkan perbaikan terbaru download untuk diinstal supaya kompatibel dengan Windows Vista.
Pengaya
AMOS (Analisis Struktur Moment) – add-on yang memungkinkan pemodelan persamaan struktural dan struktur kovarians, analisis jalur, dan memiliki kemampuan yang lebih mendasar seperti analisis regresi linier, ANOVA dan ANCOVA
Release sejarah
SPSS 15.0.1 – November 2006
SPSS 16.0.2 – April 2008
Statistik SPSS 17.0.1 – Desember 2008
Statistik PASW 17.0.3 – September 2009
Statistik PASW 18,0 – Agustus 2009
Statistik PASW 18.0.1 – Desember 2009
Statistik PASW 18.0.2 – 2010 April
Pesaing
SAS (perangkat lunak)
Stata
Lihat juga
Daftar paket statistik
Perbandingan paket statistik
PSPP – pengganti bebas untuk SPSS
gretl – alternatif open source untuk SPSS yang dapat mengimpor data SPSS file
R Komandan – open source R-alternatif untuk SPSS
Catatan
^ Verlen Jason. ”Penamaan Produk Panduan”. SPSS. Diperoleh 2009/09/18.
^ Press release
^ “Norman Nie”. Stanford University Jurusan Ilmu Politik. Diperoleh 2008/03/22.
^ Wellman, Barry “Melakukan itu sendiri”, Pp 71-78 di disyaratkan Reading: Buku Paling Berpengaruh Sosiologi’s. Diedit oleh Clawson Dan, University of Massachusetts Press, 1998, ISBN 9781558491533
Referensi
Argyrous, Statistik G. atau Penelitian: Dengan Panduan untuk SPSS, SAGE, London, ISBN 1412919487
Levesque, Pemrograman R. SPSS dan Manajemen Data: Panduan bagi Pengguna SPSS dan SAS, Edisi Keempat (2007), SPSS Inc, Chicago Illinois PDF ISBN 1568273908
SPSS 15.0 Command Reference Sintaks 2006, SPSS Inc, Chicago Illinois
Pranala luar
Situs resmi – dukungan halaman berisi database dicari solusi
Raynald Levesque’s SPSS Tools – perpustakaan solusi bekerja untuk programmer SPSS (FAQ, sintaks perintah; macro, script, python)
Arsip SPSSX-L Diskusi – SPSS listserv aktif sejak tahun 1996.Membahas pemrograman, statistik dan analisis
UCLA ATS Sumber Daya untuk membantu Anda mempelajari SPSS – Sumber untuk belajar SPSS
UCLA ATS Teknis Laporan – Laporan 1 membandingkan Stata, SAS dan SPSS terhadap R (R adalah bahasa dan lingkungan untuk komputasi statistik dan grafik).
Menggunakan SPSS Untuk Analisis Data – SPSS Tutorial dari Harvard
SPSS Pengembang Tengah – Dukungan untuk pengembang aplikasi yang menggunakan SPSS, termasuk bahan dan contoh fitur programabilitas Python

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar